Jumat, Desember 11

Modul XII IPA sem 2

FENOMENA BARU PASCA PERANG DUNIA II
B. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Belajar 1
a. Tujuan Pembelajaran
Setelah kalian pelajari modul ini diharaphan dapat:
Menjelaskan terjadinya polarisasi dunia
Menjelaskan faktor pendorong lahirnya negara adikuasa
Membandingkan antara Blok Barat dengan Blok Timur
b. Uraian Materi
Polarisasi dunia

Adalah proses terbentuknya sebuah kekuatan atau kutub baru di dunia ini.Kutub yang dimaksud adalah Blok Barat dan Blok Timur.Kedua blok ini mampu menarik negara-negara lain menjadi negara satelitnya(=pengikutnya) hingga kekuatan terus bertambah dan bertambah.
Pasca Perang Dunia II timbul fenomena baru yakni lahir negara adikuasa /super power dan terjadinya Perang dingin
Negara adikuasa
Adalah negara besar dan maju yang mampu menguasai atau mengendalikan negara lain untuk melindungi kepentingannya.Negara adikuasa ini lahir pasca Perang Dunia II setelah Blok Sekutu meraih kemenangan.Jadi negara adikuasa itu lahir dari persaingan antar negara pemenang Perang Dunia II.Negara yang dimaksud adalah United State of America (USA) dan Union Soviet Socialis Republic (USSR).Kedua negara tersebut memiliki sumberdaya yang cukup besar sehingga mampu bangkit menjadi super power.Kedua negara ini membentuk kekuatan atau Blok yang nanti menjadi blok barat dibawah kekuatan Amerika dan blok timur dibawah Uni Sovyet. Faktor-faktor pendorong lahirnya negara adikuasa diantaranya:
Faktor Ideologi
o Amerika sebagai penganut paham liberal berhadapan dengan Uni Sovyet penganut komunis. Pertentangan antara ideologi liberal dan komunisme mendorong kedua negara adidaya ini kedalam konflik yang berkepanjangan.
Faktor Politik
o Perebutan hegemoni dunia antara blok barat dan blok timur Didalam hal ini mendorong terjadinya politik alliansi (=mencari kawan) untuk memperkuat posisinya.Didalam praktiknya terjadi politik pengepungan (contaiment policy) untuk membendung pengaruh lawan.
o Aliansi Blok Barat meliputi negara Eropa Barat seperti Inggris,Perancis,negara Asia seperti Korea Selatan,Vietnam Selatan ,Filipina,dan negara Australia, dll. Sedangkan Rumania,Hongaria,Jerman Timur,Korea Utara,Vietnam Utara,dll, merupakan aliansi dibawah pimpinan Uni Sovyet.
Faktor Ekonomi
o Kondisi perekonomian Amerika pasca Perang Dunia II sangat bagus oleh karenanya negara ini mampu menjadi kreditur terhadap negara-negara Eropa Barat yang menjadi korban perang .Program ekonomi Amerika digelontorkan dalam rangka memperkuat aliansi Blok Barat.program dimaksud seperti:
§ Marshal Plan : untuk negara-negara Eropa Barat
§ Truman Doctrine : untuk membendung pengaruh komunis di Yunani dan Turki, serta Jepangdi Asia
§ Mutual Security Act : untuk Negara –negara berkembang, termasuk Indonesia.
o Dalam upaya mengimbangi program-program Amerika diberbagai kawasan maka Uni Sovyet meluncurkan program COMECON dengan sasaran negara-negara komunis.
Faktor Militer
o Untuk mendukung dan mengawal kepentingan masing-masing Blok Barat maupun blok Timur membentuk aliansi militer dalam bentuk Pakta Pertahanan misalnya Uni soviet dengan Pakta Warsawa, Amerika dengan NATO,SEATO,dan ANZUS
Keempat faktor tersebut saling terkait dan mendukung didalam melindungi kepentingan negara adikuasa di dunia ini.Negara-negara satelit sebagai objek terkadang tidak memiliki pilihan yakni bergabung atau menerima sanksi dari Negara adikuasa.
c.Rangkuman
Polarisasi dunia adalah proses terbetuknya kekuatan baru di dunia yang ditandai dengan adanya Blok Barat dan Blok Timur
Terbentuknya kedua blok itu berawal dari kemenangan mereka pada Perang Dunia II tahun 1945.Selanjutnya mereka terus bersaing hingga terbentuk kelompok atau kekuatan baru yang ingin saling mengungguli.
Ada beberapa faktor pendorong lahirnya Blok Barat dan Blok Timur,yakni faktor ideologi, politik, ekonomi, dan militer.
d.Tugas 1
Carilah sumber bacaan lain: internet,buku-buku refensi, untuk menyelesaikan tugas berikut.Jangan lupa cantumkan sumber bacaan anda.
1. Coba kalian identifikasi langkah-langkah Uni Sovyet mengimbangi Amerika selain mencanangkan COMECON.
2. Carilah negara-negara anggota NATO dan Pakta Warsawa serta kontribusi negara anggota tersebut.

2. Kegiatan Belajar 2
a. Tujuan Pembelajaran
Setelelah membaca modul ini diharapkan kalian bisa:
Menjelaskan perang dingin
Mendeskripsikan faktor pendorong perang dingin
Memberikan contoh –contoh perang dingin di Asia
Menjelaskan pola perang dingin
Menghubungkan perkembangan Eropa Timur dengan akhir perang dingin

b. Uraian Materi
Perang Dingin
Perang Dingin adalah sebuah "
perang" di mana pasukan kedua musuh utamanya sebenarnya tidak pernah saling bertarung. Istilah "dingin" digunakan untuk menjelaskan hubungan antara Amerika Serikat (beserta sekutunya yang lebih dikenal sebagai Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya yang disebut Blok Timur) . Pendek kata Perang Dingin (Cold War) ditandai dengan pembagian blok yang kentara antara Blok Timur pimpinan Uni Soviet yang berhaluan komunis dengan blok Barat pimpinan Amerika Serikat yang menganut kapitalisme Ditinjau dari sisi waktu perang dingin terjadi setelah berakhirnya Perang Dunia II.
Persaingan yang hebat antara Blok Barat dengan Blok Timur menyeret timbulnya konflik atau sengketa-sengketa regional seperti Blokade Berlin,perang Afganistan,perang Vietnam,perang Korea,insiden Teluk Babi,dsb.Untuk memperkuat posisinya kedua Blok selalu menggunakan kekuatan militer dan persenjatan dengan teknologi canggih. Kesemuanya memicu terjadinya perang dingin.
Pola perang dingin
Menurut Juwono Sudarsono(mantan Menteri Pertahanan RI) paradigma Perang Dingin 1949-1989 terbagi menjadi beberapa tahap perkembangan sesuai dengan realitas hubungan antar bangsa. Juwono menilai secara politis Perang Dingin terbagi atas tahap :
Tahun 1947-1963 dengan beberapa puncak persitiwa seperti Blokade Berlin 1949, Perang Korea 1950-1953, Krisis Kuba 1962 dan Perjanjian Proliferasi Nuklir 1963.
Selanjutnya selama Perang Vietnam 1965-1975, paradigma Perang Dingin terbatas pada persaingan berkelanjutan antara AS dan Uni Soviet di beberapa kawasan strategis dunia.
Salah satu yang terpenting, terjadi dalam Perang Arab-Israel 1967-1973. Perundingan senjata strategis yang mulai dirintis dan dikukuhkan melalui Perjanjian SALT I juga menjadi salah satu ciri periode ini.
Selama kurun waktu yang panjang itulah isu-isu seperti pertentangan ideologis, perebutan wilayah pengaruh, pembentukan blok militer, politik bantuan ekonomi yang dilatarbelakangi kepentingan ideologis, spionasi militer dan pembangunan kekuatan nuklir menjadi tema tema penting.sebagai faktor yang mempengaruhi terjadinya perang dingin.
Dengan kata lain Perang Dingin berkaitan dengan banyak perang lokal lainnya seperti
Perang Korea, invasi Soviet terhadap Hungaria dan Cekoslovakia dan Perang Vietnam. Hasil dari Perang Dingin termasuk (dari beberapa sudut pandang) kediktatoran di Yunani dan Amerika Selatan. Krisis Rudal Kuba , Krisis Timur Tengah juga telah menjadi lebih kompleks akibat Perang Dingin.
Akhir perang dingin

Menurut Juwono Sudarsono secara resmi apa yang dikenal sebagai Perang Dingin berakhir pada kurun waktu 1989-1990 dengan runtuhnya Tembok Berlin pada 9 November 1989 serta menyatunya Jerman Barat dan Timur pada 3 Oktober 1990. Perkembangan itu disusul dengan bubarnya Uni Soviet pada 25 Desember 1991 bersamaan dengan mundurnya Mikhail Gorbachev sebagai kepala negara. Setelah berakhirnya Perang Dingin yang ditandai antara lain runtuhnya Tembok Berlin dan bubarnya Uni Soviet, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara adidaya.


Dampak perang dingin

Salah satu dampak perang dingin tema penting dengan negara Jerman adalah terbaginya Jerman menjadi dua bagian yaitu Jerman Barat dan Timur(tembok berlin). Dampak perang dingin tidak saja dirasakan oleh negara-negara yang terkait konflik secara langsung tetapi juga negara pihak ketiga yang tidak terkait secara langsung.Sebut saja negara Indonesia walaupun tidak terlibat perang tetapi secara geopolitis posisi Indonesia sangat riskan.Oleh karenanya bersama sama negara lain seperti India ,Mesir,Ghana,dan Yugoslavia merintis sebuah gerakan yang dikenal dengan Gerakan Non Blok.Negara-negara ini mengambil peran berupaya meredakan ketegangan dunia akibat perang dingin antara Bolk Barat dan Blok Timur melalui berbagai KTT.


c. Rangkuman
Perang Dingin adalah sebuah "
perang" di mana pasukan kedua musuh utamanya sebenarnya tidak pernah saling bertarung. Istilah "dingin" atau Perang dingin adalah perang antar 2 pihak dimana secara fisik tidak dapat dilihat tetapi dampaknya dapat dirasakan.

Perang dingin ini dipicu oleh persaingan antara Blok Barat dengan Blok Timur dengan segala pendukung kepentingannya.
Didalam perkembangannya perang dingin memiliki pola bertahap yakni tahap awal Tahun 1947-1963 dengan beberapa puncak persitiwa seperti Blokade Berlin 1949, Perang Korea 1950-1953, Krisis Kuba 1962 dan Perjanjian Proliferasi Nuklir 1963. Perang Vietnam 1965-1975, Perang Arab-Israel 1967-1973.
Perang dingin berakhir dengan runtuhnya Uni Sovyet dan jebolnya tembok Berlin 1990
Dampak perang dingin terutama bagi negara ketiga berusaha meningkatkan posisi tawar dengan membentuk GNB.
d. Tugas 2
Coba kalian cari penjelasan di internet tentang :
1. SALT I dan II dalam kaitannya pembatasan senjata nuklir.
2. Blokade Berlin 1949
3. Indiden Teluk Babi
4. Perang Vietnam 1965-1975

3. Kegiatan Belajar 3
a.Tujuan Pembelajaran
Mendeskripsikan tentang perkembangan teknologi
Menjelaskan hubungan teknlogi dengan perang dingin
Memberi contoh teknologi persenjataan
b.Uraian Materi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kaitannya dengan perang dingin


Teknologi secara harfiah berarti ilmu tentang teknik atau cara melakukan suatu pekerjaan agar lebih mudah.Jadi teknologi itu untuk mempermudah suatu pekerjaan. Seringkali teknologi dikaitkan dengan penemuan baru.Teknologi terus berkembang setiap saat begitu pula pengetahuan kita tentang teknik juga akan bertambah sesuai dengan tuntutan jaman. Kemajuan ilmu pengetahuan akan mempengaruhi perkembangan teknologi karena antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu saling berkaitan.Teknologi berkembang dari yang paling sederhana hingga yang rumit ,dari manual menuju digital , dari teknologi rendah ke teknologi tinggi dimana teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan.
Perkembangan teknologi
Perkembangan teknologi di abad ke -20 ternyata selain membawa kesejahteraan umat manusia juga mengantarkan dunia kedalam suatu perang yang mengahancurkan peradaban manusia itu sendiri.Misalnya penemuan kapal selam ini menjadi suatu kendaraan tangguh disaat perang. Berkaitan dengan peristiwa Perang Dunia II kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memicu perang semakin dasyat.Disini negara yang kalah perang pada Perang Dunia I timbul semangat membalas dendam berkat kemajuan teknologinya.Sebut saja teknologi persenjataan yang semakin canggih mampu mencapai target dengan akurasi yang cukup tinggi .Sebagai contoh dengan diciptakan bom atom oleh Amerika, eksperimenya adalah Jepang yang waktu itu menjadi musuh bersama kelompok Sekutu.Alhasil Jepang hancur tetapi Amerika berhasil menyimpulkan bahwa senjatanya canggih.Contoh lainnya dapat dilihat yang paling nyata adalah peluru kendali artinya peluru yang dapat dikendalikan (rudal).
Peluru kendali balistik adalah
peluru kendali yang terbang dalam ketinggian sub-orbit melalui jalur balistik. Rudal balistik hanya dapat dikendalikan dalam tahap peluncurannya saja. Rudal balistik pertama adalah roket V-2 yang dikembangkan oleh Nazi Jerman antara 1930-an dan 1940-an berdasarkan perintah dari Walter Dornberger. Uji coba V-2 yang pertama sukses adalah pada 3 Oktober 1942 dan mulai dioperasikan pada 6 September 1944 melawan Paris diikuti dengan serangan terhadap London 2 hari kemudian. Sampai berakhirnya perang pada Mei 1945, lebih dari 3000 V-2 telah ditembakkan.
Sebuah ICBM LGM-118° Peacekeeper ditembakkan dari 1st Aerospace Division(1 STRAD) di Vandenberg AFB,CA Amerika Serikat
Agar lebih jelas lihat gambar berikut:







Sumber: http://id.wikipedia.org


Jenis rudal
Rudal balistik bervariasi menurut penggunaan dan jangkauannya :
Peluru kendali balistik jarak pendek (short-range ballistic missile atau SRBM) memiliki jangkauan kurang dari 1.000 km. Rudal jenis ini memiliki hulu ledak konvensional. Contoh dari rudal jenis ini antara lain adalah: V-2, Scud dan SS-21 Scarab.
Peluru kendali balistik jarak menengah (medium-range ballistic missile atau MRBM) meiliki jangkauan antara 1.000 sampai 2.500 km.
Intermediate-range ballistic missile atau IRBM memiliki jangkauan antara 2.500 sampai 3.500 km.
Peluru kendali balistik sub-benua (sub-continental ballistic missile atau SCBM).
Peluru kendali balistik antar benua (intercontinental ballistic missile atau ICBM) memiliki jangkauan lebih besar dari 3.500 km yang terdiri dari:
Peluru kendali balistik antar benua jarak terbatas (limited range intercontinental ballistic missile atau LRICBM) memiliki jarak antara 3.500 sampai 8.000 km. LRICBM juga dikenal sebagai Peluru kendali balistik jarak kauh (LRBM).
Full range intercontinental ballistic missile atau FRICBM memiliki jangkauan antara 8.000 sampai 12.000 km.
Peluru kendali balistik berbasis kapal selam (submarine-launched ballistic missile atau SLBM).
Misil balistik jarak menengah dan pendek sering disebut sebagai misil balistik taktis atau teatrikal. Misil balistik jarak jauh umumnya dirancang untuk membawa
hulu ledak nuklir karena kapasitas muatnya sangat terbatas untuk peledak konvensional agar efisien. Menggunakan misil balistik dengan kemampuan jangkauan lebih jauh dari jarak target menjadi salah satu strategi untuk menyulitkan pertahanan. Contohnya, sebuah misil dengan jangkauan 3.000 km yang ditembakkan untuk target yang berjarak hanya 500 km dapat mencapai ketinggian yang lebih tinggi yaitu sekitar 1.200 km (secara kasar sama dengan ketinggian ICBM), dengan demikian misil tersebut akan menerjang target dengan kecepatan lebih dari 6 km/detik (Mach 17).
Dengan gambaran beragam jenis peluru kendali tersebut kita bisa berpikir bagaimana seandainya peluru itu saling ditembakkan di udara dan apa efek yang terjadi. Dipastikan bumi akan terbakar habis dan manusia akan hangus, inilah yang dikhawatirkan ketika perang dingin memuncak akan menjadi perang terbuka yang identik dengan Perang Dunia III alias hancurnya bumi dan isinya.

Ternyata Tuhan belum menghendaki dunia hancur ,hal ini dibuktikan diantara pihak yang bersengketa (Amerika Vs Uni Sovyet ) ternyata Uni Sovyet hancur pada tahun 1991 .Jadi tidak ada lagi negara ini dimuka bumi ,tinggalah sejarah yang mencatat.Permasalahannya apakah Amerika satu-satunya negara adikuasa mampu menghadirkan kemakmuran bagi bangsa-bangsa di dunia?Perjalanan masih panjang banyak hal yang harus kita kaji pada modul-modul berikutnya.
c.Rangkuman
Teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia.Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi peradaban manusia tumbuh dan berkembang.
Disisi lain teknologi dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tertentu yang terkadang merugikan manusia itu sendiri.Contohnya untuk perang.Tidak ada manusia yang menginginkan perang tetapi perang juga tidak mungkin dihindari .Bahkan lebih lanjut perang dipicu oleh kemajuan teknologi untuk saling mengungguli.
Perang dunia I dan II ternyata belum cukup ,dan masih berlanjut dengan persaingan serta keingginan saling mengungguli yang berujung dengan perang dingin yang nyaris memicu Perang Dunia III
Beragam jenis persenjataan yang bermuatan teknologi tinggi dan teknologi nuklirmisalnya: bom atom, peluru kendali jarak dekat, menengah, bahkan antar benuapun bisa dijangkau.Itulah hebatnya teknologi.

c.Tugas 3
Carilah di internet mengenai perkembangan teknologi serta manfaatnya bagi kehidupan manusia dari teknologi berikut:
1) Teknologi persenjataan
2) Teknologi nuklir
3) Teknologi Antariksa/dirgantara



sumber:
http://globalisasi.wordpress.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dingin
http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Nuklir

1 komentar:

  1. Salam Kenal???????????????
    Ini ada info

    SEMINAR INTERNET BISNIS dan INTERNET MARKETING
    untuk seluruh Indonesia secara GRATIS

    Apakah Bisnis anda terimbas KRISIS GLOBAL ? Anda Sedang terkena PHK? Anda sedang

    mencari PEKERJAAN? atau Anda ingin PEKERJAAN SAMBILAN?

    Nanti setelah baca berikut ini, Anda akan mendapatkan sebuah solusi PEKERJAAN,

    Bisnis di Internet atau Bisnis Real Non Internet. Sekaligus Anda bisa mengikuti

    SEMINAR INTERNET BISNIS dan INTERNET MARKETING bersama kami secara GRATIS.

    Caranya: Daftarkan Nama, Email dan No HP /Telp anda di halaman ini pada Kolom

    DAFTAR GRATIS.

    Inginkah usaha anda berkembang jauh lebih CEPAT? Inginkah usaha anda berkembang

    jauh lebih LUAS? Inginkah usaha anda berkembang jauh lebih MENGUNTUNGKAN?

    Silakan kembangkan Usaha apapun yang anda punya melalui Teknologi Internet.
    Untuk awal, silakan ikuti SEMINAR INTERNET BISNIS bersama kami secara GRATIS di

    seluruh Indonesia.
    Pendaftaran kami buka secara ONLINE
    dan akan Kami tambahkan GRATIS SEMINAR INTERNET untuk 1000 Pendaftar Pertama di

    seluruh Indonesia.

    Klik here : http://jurus-usaha.co.cc

    BalasHapus