Minggu, Mei 24

MODUL PENELITIAN SEJARAH

PENELITIAN SEJARAH
A. Rencana Belajar Siswa
1. Jenis Kegiatan Belajar :
a. Tatap Muka yang terdiri penjelasan materi, contoh-contoh soal, dan latihan soal.
b. Tugas Mandiri Terstruktur
c. Tugas Mandiri Tidak Terstrujtur
2. Waktu : 3 x 1 jam pelajaran
3. Tempat :
a. Tatap muka : di kelas
b. Tugas Terstruktur : di kelas
c. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur : di luar kelas
Setelah modul ini kalian pelajari diharapkan dapat
Menjelaskan sifat- sifat sejarah
Mendeskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah
Mendeskripsikan sumber bukti dan fakta sejarah
Menjelaskan jenis-jenis sejarah
Melakukan penelitian sejarah secara sederhana

1.2. Uraian Materi
1.2.1.Sifat-sifat sejarah
Sebelum kita lanjut membahas tentang langkah-langkah penelitian, sebaiknya kita pahami dahulu sifat-sifat sejarah .
Sejarah itu unik artinya penelitian sejarah akan tertuju pada peristiwa yang unik, khas, dan hanya terjadi pada suatu kondisi ruang dan waktu tertentu saja. Sejarah itu fakta karena semua yang ditulis sebagai sejarah selalu didasarkan kepada adanya fakta. Sejarah itu diakronis artinya penulisan sejarah selalu bicara tentang waktu. Apa yang dapat dibicarakan tentang waktu senantiasa menunjukkan perkembangan, kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Sejarah itu ideografis oleh karena itu hanya memaparkan fakta saja.Sejarah itu empiris sebab yang dilukiskan berdasarkan kepada pengalaman manusia yang sesungguhnya

1.2.2.Langkah-langkah dalam penelitian Sejarah

Kalian tentunya masih ingat pengertian sejarah sebagai ilmu. Didalam pengertian ini jelas sebgai ilmu memiliki obyek yang bisa dikaji,diteliti sehingga memiliki kebenaran ilmiah. Untuk itu kalian perlu mengetahui langkah-langkah penelitian sejarah.Langkah tersebut meliputi :
1. heuristik, dimana pada tahap ini peneliti mengumpulkan bukti-bukti dari berbagai sumber sejarah.Disini peneliti mengumpulkan data atau informasi dari studi pustaka, dokumen,pelaku sejarah,data arkeologis dan sebagainya.
2. verifikasi,yaitu langkah pengujian ,kritik terhadap sumber-sumber yang didapatkan.Kritik disini mencakup kritik intern yaitu kritik terhadap materinya, sedangkan kritik ekstern untuk melihat keaslian sumber sejarah .
3. interpretasi,yakni menafsirkan dari berbagai fakta yang telah yang telah teruji dengan kerangka teoritis.
4. historiografi, adalah langkah penulisan terhadap sejarah itu sendiri berdasarkan fakta-fakta yang telah diperoleh dan di kritisi.

1.2.3.Hal-hal penting didalam penelitian sejarah
Setelah kalian mengetahui langkah-langkah didalam penelitian sejarah maka untuk menjadi peneliti sejarah yang handal perlu memahami dengan cermat apa itu sumber,bukti dan fakta sejarah. Untuk itu lihatlah uraian berikut.

Sumber sejarah yang terdiri dari sumber lisan misalnya pelaku sejarah,saksi sejarah.Ada lagi sumber tertulis seperti babad,kitab,prasasti,naskah kuno dsb.Sumber lainnya adalah sumber benda yang berupa artefak,fosil dan benda-benda arkeologis lainnya.

Fakta sejarah merupakan kesimpulan dari penyelidikan dokumen dan sumber sejarah.Dengan demikian fakta sejarah harus dapat dibuktikan. Bukti sejarah adalah kenyataan sejarah itu sendiri yakni kejadian yang benar-benar ada dan terjadi.Untuk mempermudah pemahaman kalian lihat contoh berikut.
· Peristiwa Sumpah Pemuda 1928,buktinya dokumen ikrar sumpah pemuda.
· Peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945,buktinya ada naskah proklamasi 17-8-1945
· Pengaruh Hindu di Pulau Jawa, dibuktikan terdapat candi Prambanan, dan masih banyak contoh lagi dimana kalian dapat mencari sendiri

1.2.4.Jenis –jenis Sejarah
Penulisan suatu sejarah dapat dilihat dari berbagai aspek misalnya dari cakupan wilayah,tema,tingkat kekunoan, serta wilayah kajian.Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat skema berikut:
{
Cakupan wilayahSejarah lokal
Sejarah nasional
Sejarah dunia
dsb


{
Tingkat kekunoanPrasejarah
Sejarah klasik
Sejarah modern
Sejarah kontemporer
dsb
{
Tema

Sejarah kebudayaan
Sejarah perekonomian
Sejarah politik
dsb
{
Wilayah KajianSejarah Asia
Sejararah Eropa
Sejarah Pasifik
dsb



Demikianlah uraian tentang penelitian sejarah dan kalian sudah bisa mulai mencoba melakukan penelitian sejarah misalnya sejarah sekolahmu.

1.3. Rangkuman 1
Sebelum menulis sejarah harus memahami sifat-sifat sejarah itu unik, faktual,idiografis,diakronis dan empiris. Langkah penelitian sejarah ada 4 yakni heuristik,verifikasi,interpretasi dan historiografi. Penulis sejarah harus memahami secara mendetail tentang sumber, bukti, dan fakta sejarah karena akan mempengaruhi tingkat akurasi kebenarannya. Metode penulisan sejarah itu tetap sama walaupun aspek cakupan sejarahnya berbeda-beda sehingga terdapat jenis-jenis sejarah.

1.4. Latihan
Sebutkan sifat –sifat sejarah!
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Ada 4 langkah dalam penelitian sejarah, jelaskan secara kronologis masing-masing langkah tersebut!
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Coba kalian deskripsikan apa itu sumber sejarah, bukti-bukti, dan fakta sejarah!
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

1.5. Tugas
Carilah sumber-sumber ,bukti, dan fakta sejarah yang terkait dengan peristiwa reformasi di Indonesia , selanjutnya diskusikan dengan teman temanmu !


BAB III EVALUASI
1.Tes Formatif
Petunjuk Umum :
1. Jawablah pertanyaan dalam tes dengan tepat!
2. Semua soal harus dikerjakan
3. Selama mengerjakan tes dilarang membuka kunci jawaban

Petunjuk khusus :
Pilihlah jawaban a, b,c,d,atau e yang menurutmu paling tepat sesuai acuan modul ini!

1.Sifat sejarah itu unik berarti....
a. peristiwanya sering berulang
b. hanya terjadi sekali saja
c. menarik untuk diteliti
d. memiliki nilai tersendiri
e. penting untuk diketahui
2.Sejarah itu mengungkapkan pengalaman nyata dari sutau masyarakat,maka sejarah itu bersifat....
a. Empiris
b. Diakronis
c. Ideografis
d. Unik
e. Klasik
3.Heuristik dalam tahapan penelitian sejarah merupakan kegiatan seperti berikut yakni....
a. menuliskan sejarah secar benar
b. menguji fakta-fakta yang didapatkan
c. mengkritisi kebenaran materiil sumber
d. melihat keaslian sumber
e. mengumpulkan sumber sejarah

4.Melakukan verifikasi terhadap sumber-sumber sejarah bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang....
a. pengelompokan data
b. keaslian dokumen sejarah
c. jumlah sumber sejarah
d. jenis penulisan sejarah
e. cakupan wilayah penelitian

5.Dokumen naskah proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan....
a. fakta sejarah
b. ilmu sejarah
c. bukti sejarah
d. peristiwa sejarah
e. kisah sejarah

6.Berikut ini contoh sumber primer yakni....
a. saksi dalam suatu peristiwa
b. berita tentang suatu peristiwa
c. pelaku sejarah pada waktu lalu
d. buku putih dari peristiwa sejarah
e. catatan biografi seseorang

7.Mengubungkan antara satu fakta dengan fakta lainnya dalam penelitian sejarah terdapat pada tahap....
a. heuristik
b. verifikasi
c. historiografi
d. interpretasi
e. kritik

8.Berikut ini termasuk sumber sejarah tertulis misalnya....
a. babad dan senjata
b. prasasti dan babat
c. hasil wawancara
d. tambo dan dongeng
e. naskah kuno dan artefak

9.Didalam penelitian sejarah langkah terakhirnya adalah....
a. verifikasi
b. heuristik
c. historiografi
d. kritik
e. interpretasi

10.Dilihat dari temanya jenis sejarah berikut yang tepat adalah....
a. Sejarah Asia
b. Sejarah nasional
c. Sejarah lokal
d. Sejarah modern
e. Sejarah politik

2. Kunci Jawaban, Pedoman Penskoran dan Penilaian

1.b
2.a
3.e
4.b
5.c

6. c
7. d
8. b
9. c
10.e


Setiap soal yang dijawab benar mendapatkan skor 1, dan jika jawaban salah skor 0.

3.Umpan Balik dan tindak lanjut

Cocokkan hasil jawaban kalian dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian belakang modul ini.Hitunglah jumlah jawaban yang benar,kemudian gunakan rumus berikut untuk menentukan nilainya.Jika nilai kalian >= 80 kalian dapat melanjutkan

(Jumlah jawaban benar)/ 10 x 100 %
Rumus:
Tingkat pencapaian kompetensi :


Arti tingkat pencapaian :
90%-100% = baik sekali
80%-89% = baik
70%-79% = sedang
<70% = kurang

Jika kalian telah mencapai pada tingkat pencapaian 80% maka kalian dapat melanjutkan belajar dengan modul berikutnya,tetapi jika kurang dai 80% maka sebaiknya anda mempelajari lagi modul ini, berdiskusi dengan teman sejawatmu kalau perlu berinteraksi dengan gurumu di sekolah.


DAFTAR PUSTAKA
1.http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia.

2.http://e-dukasi.net

3.Miksic, John, Indonesian Heritage Sejarah Awal ,2002, Jakarta :Buku Antar Bangsa untuk Grolier International ,Inc

4.Mustopo,Habib, Sejarah untuk Kelas 1 SMA ,Jakarta :Yudistira.

5.Tim MGMP Sejarah DKI Jakarta,2004,Sejarah untuk SMA Kelas X, Jakarta : Dinas Dikmenti DKI.

6.Triwurjani,Rr dkk,2006,Permukiman di Indonesia Perspektif Arkeologi,Jakarta :Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Anda yang menginginkan format paparan dapat klik di:
http://www.scribd.com/my_docs

2 komentar:

  1. mau tanya,untuk membuat makalah sejarah,terdiri dari apa saja isi nya?

    BalasHapus
  2. makasih tahap penelitian'y..
    memebantu tugas saiia nihh..
    hheehhe

    BalasHapus